permalink wordpress

Cara mengubah struktur Permalinks WordPress

Mengubah struktur Permalinks WordPress… buat apaan? Nah, inilah jadinya kalo sehari2 cuma nulis – publish – nulis – publish.. Jadi gak ‘ngeh dengan menu yang nangkring di dashboard blog. WordPress memberikan fitur tersebut justru karena ada gunanya.. Kita sambil praktek sajah, sekarang sobat buka menu Settings > Permalinks yang ada di dashboard. Sobat akan ngeliat tampilan berikut inih… :

Terdapat beberapa pilihan untuk mengubah struktur permalink blog kita di Common Settings :

  1. Default dengan format http://blogsobat.com/?p=123
  2. Day and Name dengan format http://blogsobat.com/2010/04/29/judul-artikel/
  3. Month and Name dengan format http://blogsobat.com/2010/04/judul-artikel/
  4. Numeric dengan format http://blogsobat.com/archives/123
  5. Custom Structure dengan format terserah sendiri hehehe…

Untuk bagian Optionalnya biarkan saja kosong – soale saya juga blum tau kudu diapain hihihi…

Kita fokus saja ke bagian Common Setting dimana kita akan mengubah struktur permalink sesuai dengan selera. Sebelum menentukan pilihan, baiknya sobat meditasi dulu biar gak salah pilih struktur. Berikut hal2 yang kudu dimeditasikan sobat semuah:

  1. Pentingkah SEO untuk blog sobat?
  2. Apakah nama domain sobat sudah mengandung keyword yang sesuai dengan tema blog sobat?
  3. Apakah isi dari blog sobat ‘niche’ dengan satu tema? Ato malah isinya gado2?

Silakan sobat renungkan terlebih dahulu… *ribet amat timang mo ngeklik doang* hihihi… Jika ketiga2nya dijawab “iya”, maka sebaiknya sobat memilih opsi Custom Structure, dan cara settingnya akan lebih baik jika trukturnya pendek, yah minimal search engine mau baca-lah…

  1. Jika SEO penting untuk sobat, baiknya sobat mencantumkan judul postingan dalam permalink. Isikan/%postname% pada Custom Structure. Konon menurut eyang jadul, format ini lebih SEO friendly. Format permalinks blog sobat bakal seperti ini http://blogsobat.com/judul-artikel
  2. Jika nama domain sobat udah mengandung keyword dan hanya membahas satu tema ‘niche’, baiknya sobat melakukan langkah satu juga.
  3. Namun jika blog sobat isinya gado2 ato campur sari baiknya sobat mencatumkan juga kategori dalam struktur permalinks. Umumnya /%category%/%postname% dan nantinya format permalinks blog sobat bakal kayak gini http://blogsobat.com/kategori/judul-artikel

Sobat bisa nambahin embel2 untuk %postname% tadi. Misalnya jadi %postname%.html, jadi ntar strukturnya :

  • http://blogsobat.com/judul-artikel.html ato
  • http://blogsobat.com/kategori/judul-artikel.html

pan gaya dikit tuh keliatannya hehehe… asal jangan ditambahin .exe ato .zip ntar dikira situs donlot hihi… Kalo udah kelar jangan lupa klik Save Changes. Kalo ERROR melanda, jangan kalap dulu, hal itu disebabkan WordPress tidak bisa mengakses file .htaccess blog kita. File ini letaknya ada di root directory blog. Bisa visible, tapi bisa juga gak keliatan kalo lewat FTP, tergantung setting FTPnya.

Kalo memang bener2 gak ada tuh file .htaccess jangan kalap lagi, sobat bisa bikin menggunakan notepad dan copykan sesuai instruksi yang ada pada notifikasi ERROR tadi, kira2 mirip beginilah .htaccess nya :

# BEGIN WordPress  RewriteEngine On RewriteBase / RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L]  # END WordPress

Kalo udah save dulu dengan nama .htaccess – perhatikan tanda titik diawal nama htaccess. Save as Typepilih All Files, jangan Text Documents (*.txt). Setelah itu upload file .htaccess tersebut ke root directory blog sobat dan ubahlah File Permission menggunakan menggunakan CHMOD 660 ato CHMOD 664. Dan selesai-lah cara mengubah struktur permalinks WordPress… sekarang URL sobat lebih cuantik nan rupawan…

*catatan penting : Jika sobat mengubah permalinks ketika tulisan sobat sudah keindex mbah gugel, maka halaman yang sudah diindex akan error / not found dan akan nongol halaman 404. Sebaiknya sobat melakukan perubahan ini segera setelah install wordpress.

Bagi yang udah nanggung ya tunggu saja sampe halaman2 tadi diindex ulang sama mbah ya… haha